Saturday, June 30, 2012

Akhirnya Terjun di Bursa Saham

Setelah lama menimbang dan menimbang akhirnya saya memutuskan  untuk terjun di bursa saham. Sebagai seorang pemula dan keterbatsan dana tentunya maka saya memilih bursa Indonesia saja.

Banyak faktor sebenarnya mengapa butuh begitu lama untuk memutuskan masuk di pasar modal.Semenjak saya mengenal dunia pasar modal begitu banyak tawaran online trading dengan kelebihan-kelebihannya. Dengan begitu kita harus benear-benar jeli memilihnya. Menurut saya, pilihan harus disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Saya senidir terjun di bursa saham karena ingin sekali-kali bisa membeli saham perdana sebuah perusahaan atau saat initial public offering (IPO). Berangkat dari situlah pilihan saya jatuh ke sekuritas plat merah (BUMN) yang berkantor di Graha Niaga, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta. Ya, Bahana Securities.

Bahana Securities adalah perusahaan pemerintah yang sering menjadi penjamin emisi perusahaan yang akan listing di Bursa Efek Indoensia (BEI). Dengan membuka account di Bahana Securities harapan untuk membeli saham perdana pun menjadi lebih besar.

O iya, saat ini untuk membuka acount di sekuritas cuku dengan Rp.5 jt saja, loh. Bahkan konon khusus bagi mahasiswa dengan Rp.2 jt sudah bisa memiliki account di sebuah perusahaan securities*.

Selain kebutuhan saya untuk membeli saham perdana, saya juga perlu sekuritas yang memungkinkan saya bisa put order pada malam atau pagi hari sebelum bursa buka. Sehingga waktu saya kerja sebagai karyawan kantoran tidak perlu direpotkan untuk memonitor emiten (saham) yang saya beli. Disamping itu fasilitas online lewat blackberry yang sudah teruji semakin memudahkan saya untuk sekedar melihat pergerakan saham dan Indek Harga Saham Gabungan (IHSG). Untuk memenuhi kebutuhan saya tersebut saya memutuskan untuk membuka account di Phillip Securities.

Dengan fasilitas Smart Order nasabah bisa memasukkan harga saham yang akan kita beli dan di harga berapa batas kita untuk cut loss. Sebagai seorang karyawan saya sangat terbantu dengan sistem ini. Bismillah...semoga untung..seperti bacaan saya sehari-hari..."Untung Baca Kontan"..he..he..

No comments: